Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa

MacBook adalah sebuah komputer jinjing atau yang disebut dengan nama laptop. Macbook adalah laptop buatan Apple yang memiliki banyak sekali kelebihan dan juga keunikan. Maka tidak heran jika banyak orang yang mulai melirik perangkat komputer Mac portable yang satu ini. Seperti yang sudah kita ketahui, beragam PC dan Laptop Windows mungkin sudah biasa atau, cukup sering dilihat di sekitar kita. Namun tidak begitu dengan perangkat komputer Mac.

Dimana biasanya hanya menemukan kumpulan pengguna Mac, khususnya laptop di tempat-tempat tertentu saja. Dimana ada beberapa tahun orang yang menggunakan laptop Windows dan beberapa produk sejenis lainnya. Namun beberapa tahun terakhir beralih ke Mac dengan menggunakan Macbook, dan pastinya akan merasakan sebuah perbedaan dibandingkan dengan laptop biasa.

Mungkin anda akan mendengar istilah dari laptop low entry, mind end hingga dengan high end. Berbeda dengan beragam produsen lainnya yang bermain di semua lapisan pasar, namun Apple yang hanya menyasar pasar high end saja. Dalam artikel ini akan dibahas keunggulan dari MacBook dibandingkan dengan Laptop biasa

Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple

Semua produk MacBook adalah produk flagship yang tentunya jelas memiliki sebuah kualitas dan juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan laptop biasa yang berbeda kelas yang berbeda. Jadi jangan bandingkan MacBook dengan sebuah laptop kelas menengah atau membandingkannya dengan kelas bawah. Tapi produk MacBook yang hanya bisa dibandingkan dengan produk flagship lainnya.

Selain itu, MacBook juga dibekali dengan menggunakan material dengan bahan yang sangat premium. Tentunya hal ini bisa anda rasakan dengan cara memegang bedanya. Berapa tipe laptop flagship lainnya yang juga tentunya sama memiliki sebuah material premium. Namun penasaran apa saja keunggulan lainnya yang di miliki oleh MacBook ? Berikut ini beberapa kelebihannya.

Layar Berkualitas Bagus

Saat ini memang sudah cukup banyak PC atau Laptop yang dibekali dengan menggunakan layar 4K atau bahkan 5 K. Biasanya resolusi tersebut dijadikan sebuah patokan untuk menentukan, kualitas layar tersebut bagus atau tidak. Lalu bagaimana dengan Apple ? Harus diakui, jika Apple memang terbilang agak telat untuk mencoba mengikuti trend resolusi. MacBook dengan resolusi 4 K dan juga 5K baru terdapat di lini iMac kelas atas saja, dam lini laptop MacBook yang masih belum memiliki support resolusi 4K.

Namun bukan berarti jika layar dari MacBook jelek ini. Apple yang memiliki sebuah merek dagang sendiri yang digunakan, yaitu bernama Retina Display. Tidak peduli dengan berapa resolusi layar yang digunakan, selama layar tersebut dilengkapi dengan teknologi Retina Display, maka Apple juga akan menjamin sebuah kualitas layar tersebut sangat bagus dan juga sangat tajam.

Hardware Cenderung Awet

Untuk yang satu ini sepertinya juga dapat menjadi salah satu faktor penggunaan juga, namun menurut banyak review dari beberapa pengguna yang ada di luar sana. Jika hardware Apple ini juga cenderung lebih awet jika dibandingkan dengan laptop biasa pada umumnya. Mungkin Anda nantinya bisa melihat beberapa orang akan menjual MacBook bekas, dan biasanya baterai masih bisa bertahan 4-5 jam meskipun usianya yang sudah lebih dari 3 tahun. Tentu saja ini lebih baik daripada sebuah kualitas dari laptop non Apple.

Baterai Tahan Lama

Berapa lama untuk baterai laptop bisa bertahan ? Rata-rata jika MacBook yang bisa bertahan baterainya hingga 10 jam untuk sebuah penggunaan ringan dan juga standar. Dan juga untuk penggunaan standar yang dapat bertahan selama 12 jam, alias baterai dari laptop tersebut dapat tahan seharian. Mungkin masih sangat jarang sekali untuk laptop jenis Windows yang bisa bertahan bahkan hingga 10 jam. Walaupun ada, pastinya akan memiliki faktor lainnya seperti sebuah kapasitas baterai yang cukup besar. Berbeda dengan MacBook yang lebih mengandalkan dari penggunaan sumber daya yang cukup optimal.

Ukuran yang Pas dan Ringan

Ternyata dari sebuah kapasitas baterai MacBook tidak terlalu besar, untuk ukuran flagship yaitu hanya sekitar 5000mAh saja. Yang lebih mengejutkan lagi dari MacBook adalah ukuran fisik dari baterai tersebut. Ya dengan kapasitas seperti bisa dibuat dengan bentuk yang sangat kecil.

Saat ini, MacBook yang juga memiliki sebuah ukuran layar yaitu 12 Inch, MacBook Air ukuran 13 inch, dan juga MacBook Pro yang memiliki ukuran 13 Inch dan juga 15 Inch. Ketebalan dan juga berat dari MacBook dapat di dibilang juga sangat kecil. Apple juga beralih ke dalam pro Intel Core m di dalam lini MacBook 12 inch. Sehingga nantinya sangat memungkinkan jika Apple membuat sebuah laptop MacBook dengan bentuk yang super tipis yang pernah dibuat, namun tetap dengan sebuah kemampuan terbaik.

Sistem Operasi macOS

Pasti anda juga akan setuju jika hanya MacBook yang merupakan laptop dengan sistem operasi MacOs. Laptop yang biasanya menggunakan Os lain seperti halnya windows, Distro Linux, dan juga lain sebagainya.

Minim Virus

Karena macOS yang berbeda dengan Windows, artinya semua virus yang menyerang windows tidak akan bisa menyerang Mac dan juga MacBook. Ketika laptop lain terkena sebuah virus, maka penggunaan MacBook dapat tenang selama mereka menggunakan Mac Os. Namun, mac tetap bisa terkena virus. Hanya saja jumlah virus di dalam Mac ini jumlahnya sangat sedikit, jadi anda yang tidak perlu khawatir mengenai hal ini.

Kinerja Mulus

Salah satu dari efek dari penggunaan macOS yaitu MacBook akan memiliki sebuah kinerja yang sangat bagus. Bahkan jauh jika dibandingkan dengan laptop biasa. Salah satu alasannya adalah karena Apple sendiri merancang hardware serta juga software tersebut. Berbeda juga dengan laptop lainnya yang menggunakan sebuah sistem operasi Windows milik Microsoft. Sehingga mereka yang harus membuat driver dan juga membuat software khusus untuk menyesuaikan hardware dan juga software mereka. Namun para produsen yang tetap tidak dapat mengakses source code Windows karena bukan merupakan open source.

Senjata Developer Apple

Jika anda memang sedang berencana untuk mengembangkan beragam aplikasi untuk platform Apple seperti halnya iOS, macOs dan juga tvOs maka anda nantinya mau tidak mau harus membeli Mac dengan sistem operasi Mac Os. Bagaimana dengan laptop non Apple lainya ? Saat ini tidak ada pilihan selain membeli Mac atau MacBook kareena Apple tidak pernah merilis tool dan SDK ke pal from lain selain milik Apple itu sendiri.

Demikian itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh MacBook jika dibandingkan dengan laptop yang lainnya. MacBook yang lebih baik dalam segi ketahanan dan juga dalam segi virus. Jika anda sedang berencana untuk membeli MacBook maka anda juga harus memperhatikan tipe apa yang akan anda pilih, karena setiap tipe yang pastinya akan berbeda.